Minggu, 31 Mei 2015

Arsitektur hijau

So imma tell you about a circle of peoples and i'm a part of them.

Jadi awalnya gue kira ini tentang pencinta bangunan hijau atau green building, tapi gue tertipu!
 Instead of green building it's about vernacular architecture. Arsitektur hijau itu kerjaannya memetakan kampung adat atau kampung vernakular. Kita juga bisa belajar tentang penerapan arsitektur vernakular di Indonesia tercinta.

Sebelum menjadi anggota resmi kita harus menjalani 3 tahap latihan dasar. Angkatan arjau kali ini awalnya yang daftar banyak bgt bisa sampe 50 but then pada mundur dan menyisakan 42 orang di latdas 1.

LATDAS1
Kita belajar tentang survival dan arsitektur sendiri vernakular ataupun dari d.k. Ching. Setelah mengikuti kelas2 selama kayanya sebulan deh terus sempet pergi ke kampung di daerah punclut untuk memetakan daerah kampung itu. Terus setelah perjalanan jauh ke punclut dan pemetaan kita balik ke kampus dan puncak dari latdas 1 adalah pendakian ke gunung putri 2hari 1 malam kita bermalam di tengah hutan seru bgt! Walaupun selama buat tandu, perjalanan ke atas, buat bivouac sambil dimarahmarahin-_- hari itu hujan dan setelah menjalani rangkaian kegiatan kita disuruh masak untuk makan malam dan tidur, entah kenapa bodoh bgt itu malam abs hujan dan gue menggunakan kaoskaki basah untuk tidur. FREEZING!

Besoknya kita dibangunin di pagi hari jam 2 deh kayanya soalnya kita gaboleh pake jam dan matahari munculnya lama bgt-_- terus gue mulai kedinginan dan disaat udah deket gue malah sesek gt dadanya akhirnya minta oxygen dan gue dibolehin untuk ga ikut bayar seri ehh ternyata pas lagi enakenak ngeliat sunrise di puncak gue menggigil dan semua badan gue kesemutan! Akhirnya temen2 dan kakak2 panitianya bantuin gue gt dan pada akhirnya gue di bawa ke klinik-_- maaf merepotkan guyze.

LATDAS 2
 Di latdas 2 kita tersisa 37 anggota dan kegiatan awal masih sama ada beberapa kelas yang harus kita ikutin dan persiapan untuk perjalanan ke suatu desa.
 Gue gaakan pernah lupa tanggal perjalanan ini karena itu hari ulangtahun gue-_- no surprises thx lord for making this year so cheezy. Yaudah setelah liburan gue latdas ya bersenang2 dahulu bersedih2 kemudian.

Berangkat dengan anggota 37 orang kita menuju sebuah desa diluar kota bandung. Pas nyampe we have no clue at all kita dimana all we know kita ngelewatin kawah putih. Sampai di desa kita langsung siap2in barang, bangun tenda besar dan kita diberikan tugas selama 5hari itu untuk memetakan dan mencari tau tentang desa itu. Dimulai dengan pemetaan kita ukur massa demi massa, kontur demi kontur. FAKMEN disana dingin tapi matahari terik banget!!! Belum ada dua hari gue udah sunburn dan perih banget. Selesai pemetaan hari pertama kita disuruh presentasi ttg apa yang kita dapat. Dan presentasi kali ini menghasilkan beberapa materi yang harus kita cari tahu seperti pencapaian ke desa, sensus penduduk, typologi bangunan, peta, batas desa dan perkebunan teh and what so ever pokoknya disuruh buat laporan yang judulnya kita yang tentuin. Okay latdas2 ditutup dengan perjalanan alam bebas yang extreme. Diputer2 sampe jauh dan akhirnya sampai di tengah hutan, banyak cerita seru, lucu, dan horror di latdas2 cuman ya berlalu ajalah ya nanti ada chapternya sendiri. 5hari ga mandi, 5hari berada di dalam tenda yang berisi 37 orang dan kita ganyadar kalo tenda kita bau banget-_- balik ke unpar dan okay lanjut latdas 3

LATDAS3
 Lanjut ke penyusunan laporan dan pengerjaan keluaran yaitu laporan, pameran, presentasi, dan maket kampung.
 Kita dikasih waktu sebulan untuk mempersiapkan semuanya. Pengerjaan nya ga semudah yang di kira. Kita ngerjain presentasi sebulan dengan banyak banget revisi dan kita presentasi seminggu 2kali setiap selasa jumat selama sebulan. Kita ngerjain laporan seperempat bulan, ngerjain maket h-7 deadline dan persiapan pamerah yang h-5. Sering banget ga tidur selama latdas 3 karena kebetulan kita juga udah mulai perkuliahan, sering juga nginep di student centre ataupun indomart poin, sering banget ga mandi dan lupa makan.  Bahkan waktu yang pas untuk tidur adalah saat STUDIO!! Yak benar 8jam kelas dan gabut karena penugasan baru tuh pas banget buat tidur. Di bulan ini gue sangat mengenal secara personal semua anggota baru btw kita tinggal ber36 di latdas3. Hari H tiba dan selesai penderitaan kita selama sebulan. Kota dilantik menjadi anggota muda arsitektur hijau dengan nama angkatan 'NAYAKA WITANA' yang berarti pasukan berjumlah banyak karena sejauh ini angkatan kita beranggota paling banyak yaitu 36 orang. Cinta banget sama arjau! Semoga makin kaya keluarga ya!
So far best organization in my life and another best decision I've ever made!

Beberapa post selama latdas 3
Bisa dilihat jam nya...itu baru balik dari indomart dan baru mau tidur.

Yak sangking paginya bisa tiduran ditengah jalan.

Itu poster presentasi angkatan nayaka witana LOL

FINALLY kita foto setelah selesai di lantik! Selamat NW!